PEMROGRAMAN
BERORIENTASI OBJEK (PBO)
“INTERFACE”
MODUL
8
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Praktikum
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Dosen Pembimbing : Dede Irawan, M.Kom
Disusun
Oleh:
IYAS
SONA (20160910021)
SI-A
2016
UNIVERSITAS
KUNINGAN
Jln.
Cut Nyak Dhien No. 36A Cijoho Kuningan, Jawa Barat
Tlp/Fax.
(0232)874824
A.
Dasar Teori
Interface berisi
definisi untuk sekelompok fungsi terkait yang dapat diterapkan oleh class atau
struct. Dengan memakai interface, kita bisa mencakup perilaku dari berbagai
sumber di class. Kemampuan itu penting dalam C# karena bahasa C# tidak
mendukung banyak pewarisan dalam class. Selain itu, kita harus menggunakan
interface untuk struct, karena sebenarnya struct tidak dapat mewarisi dari
struct atau class yang lain. Interface adalah sebuah pola/kontrak berupa
prototype dari method/property yang harus dibuat oleh class-class yang
mengimplementnya. Sebuah class dapat mengimplement lebih dari 1 interface.
Interface tidak memiliki field(hanya prototype method/property). Prototype
method/property pada interface tidak memiliki access identifier (otomatis
public)
B.
Praktikum
Praktikum1
1.
Buatlah
Project Baru di Netbeans dengan Nama Modul8PBO
2.
Buat File
Empty Java File Baru
3.
Ketikan
Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Speedometer.
4.
Jalankan File
Speedometer.java tersebut, Amati
Hasilnya!
Praktikum2
1.
Buatlah File Empty
Java File Baru
2.
Ketikan
Source Kode berikut ini dan simpan dengan nama file Pesan.java
3.
Buat File
Empty Java File Baru
4.
Ketikan
Source Kode berikut ini dan simpan dengan nama file MainPesan.java
5.
Jalankan File
MainPesan.java tersebut, Amati
Hasilnya!
C.
Latihan/Posttest
·
Buatlah
Program Interface dengan case studi
yang berbeda dari praktikum diatas.
Hasil :
D.
Tugas Individu
·
Buatlah kelas
MahasiswaSuper dengan menggunakan interface mahasiswa,atlit,wiraswasta dan
kemudian instansi menjadi objek dengan nama sesuai nama Anda!
Hasil :










Tidak ada komentar:
Posting Komentar