Minggu, 25 November 2018

MODUL 3 PBO (OOP LANJUTAN)



PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO)
“OOP LANJUTAN”
                                                     MODUL 3
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Dosen Pembimbing : Dede Irawan, M.Kom



Disusun Oleh:
IYAS SONA                 (20160910021)
SI-A 2016


UNIVERSITAS KUNINGAN
Jln. Cut Nyak Dhien No. 36A Cijoho Kuningan, Jawa Barat
Tlp/Fax. (0232)874824

KATA PENGANTAR
Alhamdulilah, puji syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT. Atas rahmat-Nya lah saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Tak lupa saya juga haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Saya menyadari bahwa Makalah ini memang belum mencapai kesempurnaan, masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk itu, saya sebagai penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar dapat memperbaiki dalam penulisan Makalah yang saya buat selanjutnya. Akhirnya saya sebagai penyusun berharap, semoga Makalah yang saya buat dapat menambah wawasan kepada saya pada khususnya dan kepada para pembaca pada umumnya.









 Kuningan, November  2018
Iyas Sona
                                                                                                                                                i

Daftar Isi
Kata Pengantar ________________________________________________________      i
Daftar isi _____________________________________________________________      ii
BAB I PEMBAHASAN                                       
  1. Dasar Teori ___________________________________________________           3
A.    Definisi Objek, Method, Construktor, Method Accesor /
Method Mutator, dan Overloading Method _______________________         3
  1. Praktikum ____________________________________________________           3
  2. Latihan / Post Test _____________________________________________           14
  3. Tugas Individu ________________________________________________           15
















A.    Dasar Teori
1.      Definisi Objek
Yang dimaksud dengan objek pada java adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method yang terkait. Objek juga merupakan benda nyata yang di buat berdasarkan rancangan yang di definisikan di dalam class. Object adalah instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel, dan lain-lain.

2.      Method
Method adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Method merupakan sarana bagi programmer untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil agar jadi lebih kompleks sehingga dapat di gunakan berulang-ulang. Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Contoh, pada object pear : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lainlain

3.      Construktor
Constructor biasanya digunakan untuk initialize (menyiapkan) data untuk class. Perbedaan method dengan constructor adalah nama method.

4.      Method Accessor Dan Method Mutator
Acessor adalah sebuah konsep dimana ada sebuah method yang di gunakan untuk mengembalikan nilai dari field/variable yang memiliki hak akses private/protected. Sedangkan Mutator memiliki sifat yang sangat berbeda dengan Acessor, karena mutator akan merubah data dari sebuah Field/Variable yang bersangkutan.

5.      Overloading Method
adalah fitur yang memungkinkan kelas memiliki lebih dari satu metode yang memiliki nama yang sama, jika daftar argumen mereka berbeda. Ini mirip dengan konstruktor overloading di Java, yang memungkinkan kelas memiliki lebih dari satu konstruktor yang memiliki daftar argumen berbeda.

B.     Praktikum
Praktikum1
1.      Buatlah Project Baru di Netbeans Modul3PBO
2.      Buat File Empty Java File Baru
3.      Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri.java
Source Kode :
package Modul3;
class Orang {
    String nama, gender;
    int usia;
        public String tampilNama()
    {
        return nama;
    }
    public void caraBerjalan()
    {
        System.out.println("Tangan ditaruh kebelakang");
    }
    int usiaSekarang()
    {
        return usia;
    }
    }
    public class DataDiri
    {
    public static void main(String args[])
    {
        Orang org=new Orang();
        org.nama="Suci";
        org.usia=25;
        System.out.println("Nama :"+org.tampilNama());
        System.out.println("Usia :"+org.usiaSekarang());
        System.out.println("Cara Berjalan");
        org.caraBerjalan();
    }
}
Hasil Running :


Praktikum2

Penggunaan Method Setter Dan Getter

1.      Buatlah file Empty Java File Baru
2.      Ketikan Source Kode berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.java
Source Kode :
package Modul3;
public class Balok {
    //Deklarasi Attribute
    double panjang, lebar, tinggi;
    //Deklarasi setter
    public void setPanjang(double panjang){this.panjang=panjang;}
    public void setLebar(double lebar){this.lebar=lebar;}
    public void setTinggi(double tinggi){this.tinggi=tinggi;}
    //deklarasi getter
    public double getPanjang(){return panjang;}
    public double getLebar(){return lebar;}
    public double getTinggi(){return tinggi;}
    public double getVolume(){return panjang*lebar*tinggi;}
    public static void main(String args[])
    {
        double volume;
        Balok bl = new Balok();
        bl.panjang=7;
        bl.lebar=4;
        bl.tinggi=5;
        volume = bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
        System.out.println("Volume Balok ="+volume+ "Cm3");
       
    }
}
Hasil Running :

Praktikum3

1.      Buatlah file Empty Java File Baru
2.      Ketika Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.java
Source Kode :
package Modul3;
public class Manusia {
    public String nama;
    public Manusia(String n)
    {
        this.nama = n;
    }
    public String tampilkanNama()
    {
        return nama;
    }
    public void makan()
    {
        System.out.println("Nyam..Nyam..Nyam..");
    }
    public void kerja()
    {
        System.out.println("Kerja...kerjaaa...");
    }
}

1.      Buatlah file Empty Java File Baru
2.      Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Jaka.java

package Modul3;
class Jaka {
    public static void main(String args[])
    {
    Manusia andi= new Manusia("Jaka");
    System.out.println("Nama= "+ andi.tampilkanNama());
    andi.makan();
    }
}
Hasil Running :  

Praktikum4

1.      Buat File Empty Java File Baru
2.      Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file SPP.java

Source Kode :
package Modul3;
public class SPP {
    String nama,nim; int spt,spv,sks;
    //construktor dengan parameter
    public SPP(String nama, String nim, int spt, int spv, int sks)
    {
        this.nama = nama; this.nim = nim;
        this.spt = spt;
        this.spv = spv;
        this.sks = sks;
    }
    //method hitung dengan tipe int
    public int hitung()
    {
        //method non-void harus ada nilai kembalian/return value
        return (spt+(spv*sks));
    }
}
1.      Buat File Empty Java File Baru
2.      Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file BayarSPP.java
Source Kode :
package Modul3;

import java.io.*;

public class BayarSPP {
    public static void main(String [] args) throws IOException{
    //deklarasi variabel
    String nama,nim;
    int spt,spv,sks;
    //proses instansiasi objek dengan inputan manual
    SPP bayar = new SPP("Irfan","12.12.1234",950000,70000,24);
    //dengan inputan
    //langkah 1 : menginisiasi BufferedReader
    BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
    //langkah 2 : proses input
    System.out.print("Nama \t\t: ");nama = br.readLine();
    System.out.print("Nim \t\t: ");nim = br.readLine();
    System.out.print("SPP Tetap \t: ");spt = Integer.parseInt(br.readLine());
    System.out.print("SPP variabel \t: ");spv = Integer.parseInt(br.readLine());
    System.out.print("SKS \t\t: ");sks = Integer.parseInt(br.readLine());
    //prose instansiasi objek dengan inputan
    SPP bayar2 = new SPP(nama,nim,spt,spv,sks);
    //output perhitungan dengan inputan manual
    System.out.println("\n\n\n----------PROGRAM PERHITUNGAN SPP MANUAL----------\n");
    System.out.println("Nama \t\t: "+ bayar.nama);
    System.out.println("NIM \t\t: "+ bayar.nim);
    System.out.println("SPP Tetap \t: "+ bayar.spt);
    System.out.println("SPP variabel \t: "+ bayar.spv);
    System.out.println("SKS \t\t: "+ bayar.sks);
    System.out.println("Total SPP yang Harus Dibayarkan : Rp."+ bayar.hitung() +",-\n");
    System.out.println("---------------TERIMA KASIH---------------\n\n");
    //output perhitungan dengan inputan
    System.out.println("\n----------PROGRAM PERHITUNGAN SPP OTOMATIs----------\n");
     System.out.println("Nama \t\t: "+ bayar2.nama);
    System.out.println("NIM \t\t: "+ bayar2.nim);
    System.out.println("SPP Tetap \t: "+ bayar2.spt);
    System.out.println("SPP variabel \t: "+ bayar2.spv);
    System.out.println("SKS \t\t: "+ bayar2.sks);
    System.out.println("Total SPP yang Harus Dibayarkan : Rp."+ bayar2.hitung() +",-\n");
    System.out.println("---------------TERIMA KASIH---------------\n\n");
    }
}
Hasil Running :

Praktikum5

1.      Buatlah file Empty Java File java pada project tersebut dengan nama Mobil.java
2.      Ketikan kode program berikut :

      1.      Buatlah file Empty Java File java pada project tersebut dengan nama Utama.java
2.      Ketikan kode program berikut :

Hasil Running :

C.    Latihan/Posttest
·         Buatlah Program penerapan class, object, atribut, method, seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain.
Disini saya membuat program BiodataDiri.


D.    Tugas Individu
·         Buatlah Program Praktikum3 dengan inputan data menggunakan JoptionPane.
Disini saya membuat program BiodataDiri.

        

·         Setelah selesai running program tersebut, maka hasilnya seperti dibawah ini :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar