PEMROGRAMAN
BERORIENTASI OBJEK (PBO)
“OOP LANJUTAN”
MODUL
3
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Praktikum Pemrograman
Berorientasi Objek (PBO)
Dosen Pembimbing : Dede Irawan, M.Kom
Disusun Oleh:
IYAS SONA (20160910021)
SI-A 2016
UNIVERSITAS
KUNINGAN
Jln. Cut Nyak
Dhien No. 36A Cijoho Kuningan, Jawa Barat
Tlp/Fax.
(0232)874824
KATA PENGANTAR
Alhamdulilah,
puji syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT. Atas rahmat-Nya lah saya dapat
menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Tak
lupa saya juga haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak
yang telah mendukung dan membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Saya
menyadari bahwa Makalah ini memang belum mencapai kesempurnaan, masih banyak
kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk itu, saya sebagai penyusun
mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar dapat
memperbaiki dalam penulisan Makalah yang saya buat selanjutnya. Akhirnya saya
sebagai penyusun berharap, semoga Makalah yang saya buat dapat menambah wawasan
kepada saya pada khususnya dan kepada para pembaca pada umumnya.
Kuningan, November 2018
Iyas Sona
i
Daftar Isi
Daftar isi _____________________________________________________________
ii
BAB I
PEMBAHASAN
- Dasar Teori ___________________________________________________ 3
A.
Definisi Objek, Method,
Construktor, Method Accesor /
Method Mutator, dan Overloading
Method _______________________ 3
- Praktikum ____________________________________________________ 3
- Latihan / Post Test _____________________________________________ 14
- Tugas Individu ________________________________________________ 15
A.
Dasar Teori
1.
Definisi Objek
Yang
dimaksud dengan objek pada java adalah sekumpulan software yang terdiri dari
variable dan method-method yang terkait. Objek juga merupakan benda nyata yang
di buat berdasarkan rancangan yang di definisikan di dalam class. Object adalah
instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah
object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel, dan
lain-lain.
2.
Method
Method
adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Method merupakan sarana bagi
programmer untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil agar jadi
lebih kompleks sehingga dapat di gunakan berulang-ulang. Method merupakan suatu
operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method
didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Contoh, pada
object pear : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lainlain
3.
Construktor
Constructor
biasanya digunakan untuk initialize (menyiapkan) data untuk class. Perbedaan
method dengan constructor adalah nama method.
4.
Method Accessor Dan Method Mutator
Acessor
adalah sebuah konsep dimana ada sebuah method yang di gunakan untuk
mengembalikan nilai dari field/variable yang memiliki hak akses
private/protected. Sedangkan Mutator memiliki sifat yang sangat berbeda dengan
Acessor, karena mutator akan merubah data dari sebuah Field/Variable yang
bersangkutan.
5.
Overloading Method
adalah
fitur yang memungkinkan kelas memiliki lebih dari satu metode yang memiliki
nama yang sama, jika daftar argumen mereka berbeda. Ini mirip dengan
konstruktor overloading di Java, yang memungkinkan kelas memiliki lebih dari
satu konstruktor yang memiliki daftar argumen berbeda.
B.
Praktikum
Praktikum1
1.
Buatlah
Project Baru di Netbeans Modul3PBO
2.
Buat
File Empty Java File Baru
3.
Ketikan
Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri.java
Source Kode :
package Modul3;
class Orang {
String
nama, gender;
int usia;
public
String tampilNama()
{
return
nama;
}
public
void caraBerjalan()
{
System.out.println("Tangan ditaruh kebelakang");
}
int
usiaSekarang()
{
return
usia;
}
}
public
class DataDiri
{
public
static void main(String args[])
{
Orang
org=new Orang();
org.nama="Suci";
org.usia=25;
System.out.println("Nama :"+org.tampilNama());
System.out.println("Usia :"+org.usiaSekarang());
System.out.println("Cara
Berjalan");
org.caraBerjalan();
}
}
Hasil Running :
Praktikum2
Penggunaan Method Setter Dan Getter
1.
Buatlah
file Empty Java File Baru
2.
Ketikan
Source Kode berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.java
Source Kode :
package Modul3;
public class Balok {
//Deklarasi Attribute
double
panjang, lebar, tinggi;
//Deklarasi setter
public
void setPanjang(double panjang){this.panjang=panjang;}
public
void setLebar(double lebar){this.lebar=lebar;}
public void
setTinggi(double tinggi){this.tinggi=tinggi;}
//deklarasi getter
public
double getPanjang(){return panjang;}
public
double getLebar(){return lebar;}
public
double getTinggi(){return tinggi;}
public
double getVolume(){return panjang*lebar*tinggi;}
public
static void main(String args[])
{
double
volume;
Balok
bl = new Balok();
bl.panjang=7;
bl.lebar=4;
bl.tinggi=5;
volume
= bl.panjang*bl.lebar*bl.tinggi;
System.out.println("Volume Balok ="+volume+ "Cm3");
}
}
Hasil Running :
Praktikum3
1.
Buatlah
file Empty Java File Baru
2.
Ketika
Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.java
Source Kode :
package Modul3;
public class Manusia {
public String nama;
public Manusia(String n)
{
this.nama = n;
}
public String tampilkanNama()
{
return nama;
}
public void makan()
{
System.out.println("Nyam..Nyam..Nyam..");
}
public void kerja()
{
System.out.println("Kerja...kerjaaa...");
}
}
1.
Buatlah
file Empty Java File Baru
2.
Ketikan
Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Jaka.java
package Modul3;
class Jaka {
public static void main(String args[])
{
Manusia andi= new Manusia("Jaka");
System.out.println("Nama= "+ andi.tampilkanNama());
andi.makan();
}
}
Hasil Running :
Praktikum4
1.
Buat
File Empty Java File Baru
2.
Ketikan
Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file SPP.java
Source Kode :
package Modul3;
public class SPP {
String nama,nim; int spt,spv,sks;
//construktor dengan parameter
public SPP(String nama, String nim, int spt, int spv, int sks)
{
this.nama = nama; this.nim = nim;
this.spt = spt;
this.spv = spv;
this.sks = sks;
}
//method hitung dengan tipe int
public int hitung()
{
//method non-void harus ada nilai kembalian/return value
return (spt+(spv*sks));
}
}
1.
Buat
File Empty Java File Baru
2.
Ketikan
Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file BayarSPP.java
Source Kode :
package Modul3;
import java.io.*;
public class BayarSPP {
public static void main(String [] args) throws IOException{
//deklarasi variabel
String nama,nim;
int spt,spv,sks;
//proses instansiasi objek dengan inputan manual
SPP bayar = new SPP("Irfan","12.12.1234",950000,70000,24);
//dengan inputan
//langkah 1 : menginisiasi BufferedReader
BufferedReader br = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
//langkah 2 : proses input
System.out.print("Nama \t\t: ");nama = br.readLine();
System.out.print("Nim \t\t: ");nim = br.readLine();
System.out.print("SPP Tetap \t: ");spt =
Integer.parseInt(br.readLine());
System.out.print("SPP variabel \t: ");spv =
Integer.parseInt(br.readLine());
System.out.print("SKS \t\t: ");sks = Integer.parseInt(br.readLine());
//prose instansiasi objek dengan inputan
SPP bayar2 = new SPP(nama,nim,spt,spv,sks);
//output perhitungan dengan inputan manual
System.out.println("\n\n\n----------PROGRAM PERHITUNGAN SPP
MANUAL----------\n");
System.out.println("Nama \t\t: "+ bayar.nama);
System.out.println("NIM \t\t: "+ bayar.nim);
System.out.println("SPP Tetap \t: "+ bayar.spt);
System.out.println("SPP variabel \t: "+ bayar.spv);
System.out.println("SKS \t\t: "+ bayar.sks);
System.out.println("Total SPP yang Harus Dibayarkan : Rp."+
bayar.hitung() +",-\n");
System.out.println("---------------TERIMA
KASIH---------------\n\n");
//output perhitungan dengan inputan
System.out.println("\n----------PROGRAM PERHITUNGAN SPP
OTOMATIs----------\n");
System.out.println("Nama \t\t: "+ bayar2.nama);
System.out.println("NIM \t\t: "+ bayar2.nim);
System.out.println("SPP Tetap \t: "+ bayar2.spt);
System.out.println("SPP variabel \t: "+ bayar2.spv);
System.out.println("SKS \t\t: "+ bayar2.sks);
System.out.println("Total SPP yang Harus Dibayarkan : Rp."+
bayar2.hitung() +",-\n");
System.out.println("---------------TERIMA
KASIH---------------\n\n");
}
}
Hasil Running :
Praktikum5
1.
Buatlah
file Empty Java File java pada project tersebut dengan nama Mobil.java
2.
Ketikan
kode program berikut :
2.
Ketikan
kode program berikut :
Hasil Running :
C.
Latihan/Posttest
·
Buatlah
Program penerapan class, object, atribut, method, seperti praktikum 3 dengan
class/objek yang lain.
Disini
saya membuat program BiodataDiri.
D.
Tugas Individu
·
Buatlah
Program Praktikum3 dengan inputan data menggunakan JoptionPane.
Disini saya membuat program BiodataDiri.
·
Setelah
selesai running program tersebut, maka hasilnya seperti dibawah ini :














Tidak ada komentar:
Posting Komentar